Monday 22 April 2013

Peranana Seorang Manajer Dalam Membuat Sebuah Keputusan Pada Sebuah Perusahaan

Kali ini rizkymalm.blogspot.com akan membagikan ilmu yg saya ketahui tentan peranan seorang manajer. Ide dari penulisan ini saya dapat secara tidak sengaja karena ada tugas dari dosen Manajemen Bisnis saya. 
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi, seorang yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilannya diakui oleh organisasi utk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

PERAN MANAGER
Henry mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manager di tempat kerjanya. ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok yang pertama adalah peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung. yang kedua adalah peran informasional, meliputi peran manager sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara. yang ketiga adalah peran pengambilan keputusan, meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.

1. Peran antarpribadi merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
2. Peran informasional meliputi peran manager sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
3. Peran pengambilan keputusan yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manager adalah berinteraksi dengan orang lain.

TUGAS MANAGER
Dirumuskan secara singkat tugas-tugas seorang manager adalah :
1. Memimpin organisasi
2. Mengatur organisasi
3. Mengendalikan organisasi
4. Mengembangkan organisasi
5. Mengatasi berbagai masalah yg terjadi dlm organisasi
6. Menumbuhkan kepercayaan
7. Meningkatkan rasa tgg jwb.
8. Mengawasi/mengendalikan kegiatan organisasi
9. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
10. Menggali dan mengembangkan potensi sumber daya. 

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan seorang manajer dalam membuat suatu keputusan:
1.   Salah satu  yang paling sederhana yang dapat membantu pengambilan keputusan adalah dengan membuat daftar pilihan dari pro dan kontra. Hal ini tidak hanya akan membantu manajer menganalisis resiko yang terlibat tetapi juga membantu menimbang dan membandingkan pilihan.
2.  Pendapat Objektif sari seseorang yang bukan merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan dan siapa yang diuntungkan atau kehilangan dari konsekuensi keputusan, dan siapa yang tahu banyak tentang bidang yang berkaitan dapat membantu samapai pada suatu keputusan yang lebih baik.
3.  Mendapatkan semua data atau informasi yang dibutuhkan dari berbagai sumber. Sekecil apapun informasi, hal itu benar-benar dapat mengubah arah pemikiran.
4.  Mempelajari kasus orang-orang yang menem,ukan diri mereka dalam sitruasi yang sama dapat membantu dalam m,empresdiksi konsekuensi dari keputusan yang kompleks
5.  Berpikir tentang keuntungan jangka panjang, bukan keuntungan jangka pendek.
 
Kesimpulan
      Beberapa uraian di atas kita tahu bahwa pentingnya seorang manajer menguasai apa tugas dan kewajibannya dalam memimpin dan memberikan perilaku yang baik terhadap bawahannya, terutama dalam pengambilan keputusan seorang manager penting sekali untuk bertindak lebih ekstra dan hati-hati agar dapat mengendalikan segala situasi maupun kebijakan serta dampak-dampaknya. Seorang manajer yang professional akan membawa kemajuan dalam suatu perusahaan, sebaliknya jika seorang manager kurang paham apa tugas dan kewajibannya sehingga tidak bisa melakukan pembenahan maka perusahaan akan rugi dan mungkin bisa mengalami kemunduran dan akan berdampak negatif kepada para karyawan/bawahannya.
 


 
 
 
  
Categories:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!